Jumat, 24 Februari 2012

Made by me (1) : Raw Banana Ice cream

menghibur diri..


RAW BANANA ICE CREAM


Siang-siang begini, jum'at lagi panas dan biasanya (hampir) setiap jum'at memang panas, saya lagi pengen bikin sesuatu yang simple, enak, ngenyangin dan tentunya seger..
Di Raw food course beberapa minggu lalu saya ketinggalam satu resep simple yang semua pesertanya dapat cicip-cicip, Raw banana ice cream.

Okay, siang ini saya coba bikin resep tersebut.
Sejak tadi malam saya sudah menyiapkan 5 pisang yang sudah dikupas kemudian saya masukkan ke wadah kedap udara (saya pake tupperware) atau mungkin bisa dimasukkan ke plastik fliptop ukuran besar. Setelah itu masukkan ke freezer.
Siang tadi saya keluarkan sebentar, kira-kira 3 menitan, then saya juice dengan juicer biasa. Awalnya saya nunggu si Ice cream keluar dari ujung juicer tapi bikin hopeless, dalem hati "yaaah pertama kali bikin udah ga jadi", saya penasaran, setelah semua pisang saya proses akhirnya saya buka lah itu si penutup juicernya, wallllaaaaa ice creamnya ngumpet di dalem, baru nyadar, kan pisangnya beku, mana bisa turun ke bawah..
Ya sudah saya ambil pake sendok, taruh di mangkuk, kasih choco chips dan main serbu sama ponakan. Awalnya tadi pagi mau bikin Raw choco paste, tapi setelah hunting di dapur lagi keabisan coklat bubuk, males beli dulu, jadi pake apa yang ada aja..=)

KENAPA JUDULNYA RAW?
Simple, karena pisangnya mentah, ga pake diproses dulu sebelum di juice. Sebetulnya ice cream ini ada dressingnya, we can make it, so easy,

1. Raw choco paste / chocolate fudge, kita hanya perlu menyiapkan coklat bubuk (biasanya di rumah pake merk Vanhouten), kacang2an (bisa kenari, almond, mente, up to you, jadikan bubuk dulu. bisa di food processor atau main cincang-cincang aja sendiri) jangan lupa kacangnya juga mentahan, ga perlu di-oven dulu atau begimana, namanya juga bikin makanan RAW-mentah. Dan yang terakhir madu. Campur semua bahan, jadikan bentuk pasta, taruh di wadah kedap udara). ohya ukuran bahan2nya sesuai selera... Setelah itu masukkan di kulkas (bukan freezer). Setelah agak mengeras, bisa dibentuk bola-bola atau kalau ga mau ribet ambil saja langsung pake sendok, taruh di atas ice cream, biar bentuknya ga cantik yang penting enak =P

2. Raw Choco syrup, lebih simple lagi. Siapkan coklat bubuk dan madu. Udah, campur aja, dan siram di atas raw banana ice cream kita.

BEDANYA SAMA ICE CERAM DI LUAR??
Pure tanpa bahan2 pengawet, rasain deh, kalau kita makan ice cream yang beli2 di toko atau yang dijual sama abang2 yang lewat depan rumah (dan itu masih jadi kesukaan saya), setelahnya kita pasti ngerasa haus, bawaannya pengen minum, entah kenapa. Kalau yang ini, enggak, mungkin karena bahannya lebih alami ya, lha wong cuma pisang beku. Tapi teksturnya ga kalah lho, makanya cobain deh di rumah. Bagus untuk anak-anak kecil yang keranjingan ice cream yang biasanya bikin batuk, ini saya lagi nyobain ke ponakan2 habis makan bareng tadi, kalau mereka batuk setelah bangun tidur siang...yaaa...maap...=D. Tapi bener, yang ini lebih sehat, aman, jadi buat para ibu ga usah khawatir, bikin saja ice cream sendiri.

ohya, tanpa pewarna juga kan...kalaupun dressingnya tetep masih bahan-bahan alami.

PS: kapan2 kalau saya udah nyoba bikin si raw choco paste-nya, saya upload dah potonya.

see u, insyaAllah.




3 komentar:

  1. alhamdulillah, terbukti ponakan2 saya ga ada yang batuk setelah bangun sore. Malah ponakan yang umur 3,5 tahun bilang "ammah..besok bikinin eskrim yang bentuknya masjid ya" (sambil nunjuk gambar masjid nabawi di kamar saya).

    ???

    BalasHapus
  2. Errrr, mereka nanyain "ammah" Mala nggak? :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh...ga berasa lho kalu aku belum bales komentnya mbak, ehehehe...

      nanyain terus tuh, tapi jangan terlalu percaya, mereka cuma mau main sm gadgetnya mbak aja =D

      Hapus

Pagar Diri

Ternyata salah satu yang membebani pundak psikis saya itu adalah saya nggak ndang membenahi blog saya yang saya tinggalkan beberapa tahun ke...